Berita

5000an Bang Becak Dan Supir Angkutan Umum Kota Medan Akan Mogok

on

Jambur.com – Para sopir angkutan umum dan bang becak bermotor (Betor) kecewa dengan sikap pemerintah yang tidak tegas terhadap angkutan berbasis online. Kekecewaan sopir angkutan umum dan bang betor ini pun sudah sampai pada titik puncak.

Sebagai perlawanan terhadap pemerintah yang tidak tegas tersebut maka para sopir angkutan umum dan abang betor akan mogok dan sekaligus berdemonstrasi ke sejumlah instansi pemerintahan Kota Medan. Rencananya aksi itu akan dimulai hari ini (Senin,23/10/17) dan akan berlangsung selama empat hari.

Koordinator Aksi Soelaiman Noor dengan tegas mengatakan,

“Demonstrasi kali adalah bentuk keresahan para sopir angkutan umum dan abang becak, yang selama ini merasa ‘dihantui’ keberadaan angkutan berbasis aplikasi ataupun online” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa, regulasi dari angkutan berbasis aplikasi tersebut juga belum ada kejelasan.

“Ditambah lagi belum ada kejelasan regulasi yang dibuat pemerintah, terutama soal aturan-aturan main angkutan online. Terkesan pemerintah seolah-olah membenturkan kami dengan para sopir taksi online,” terangnya, sebagaimana dikutip dari sumutpos.

Selain hal tersebut, Soelaiman juga mengkritik, semangat revolusi mental yang didengungkan Presiden Jokowi. Ia metasa hal tersebut tidak sejalan dengan apa yang terjadi sekarang. Hal itu disimpilkannya dari kebijakan
pemerintah terkait operasional taksi online.

“Makanya kami berkeinginan menghentikan operasional para sopir angkutan umum dan abang becak ini, sebab di samping itu pemerintah ingin menghadirkan terobosan baru di bidang transportasi. Sayangnya aturan main yang dibikin sejauh ini masih kabur,” terangnya.

Soelaiman menyarankan pemerintah sebaiknya melakukan sosialisasi yang jelas dan terukur kepada masyarakat tentang angkutan berbasis aplikasi tersebut, sebelum di izinkan beroperasi sebagaimana angkutan umum lainnya.

“ini kan tidak, Mereka itu datang seperti Jalangkung, datang tak diundang, pulang tak diantar. Kalaulah transportasi online sebagai bentuk terobosan kemajuan zaman dan teknologi, apalagi katanya memberikan lapangan pekerjaan, berapa banyak sih sebenarnya kebutuhan itu bagi kita di sini,” kata pria yang sudah jadi penarik becak sejak 1990 ini.

“Kami pun sebagai pengemudi becak harusnya diremajakan, dibina untuk bisa mengimbangi keberadaan angkutan online,” tambahnya.

About Elfanta Purba

Penulis Lepas Tentang Politik, Tips dan Trik

Recommended for you