Berita

Kedubes AS Untuk RI Minta Maaf Atas Insiden Penolakan Panglima TNI Ke AS

on

Jambur.com,Jakarta-Kedutaan Besar Amerika Serikat yang berada Jakarta mengatakan akan siap memfasilitasi keberangkatan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ke Amerika Serikat, tetapi tidak memberi keterangan mengapa pemerintah Amerika Serikat menolak kedatangan Panglima TNI di Amerika Serikat.

Dalam sebuah pernyataan tertulis di BBC Indonesia, Kedubes Amerika Serikat di Jakarta mengatakan bahwa Duta Besar Joseph Donovan telah memberikan permintaan maaf terhadap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi karena ketidaknyamanan dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

“Kedutaan Besar Amerika Serikat akan bersedia dan tetap siap dalam memfasilitasi perjalanan Jenderal Gatot Nurmantyo ke Amerika Serikat. Kami tetap berkomitmen untuk Kemitraan Strategis dengan Indonesia sebagai cara menyampaikan keamanan dan kesejahteraan terhadap kedua negara dan rakyatnya,” ujar Kedubes Amerika Serikat, Joseph R. Donovan Jr.

Biar bagaimanapun, pihak Kedutaan AS belum memberikan penjelasan mengapa pihak Amerika Serikat tiba-tiba menolak kedatangan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

” Saat ini pihak TNI menunggu penjelasan dari kejadian ini, mengingat kunjungan ke Amerika Serikat diterima melalui undangan Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat sendiri, Jenderal Joseph F Durford, Jr.  Dengan demikian, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo beserta istri memutuskan tidak akan memenuhi undangan hingga ada penjelasan resmi dari pihak Amerika Serikat,” ujar Kapuspen TNI, Mayjen Wuryanto,Minggu (22/10/2017).

Disisi lain, juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, menyebutkan bahwa Kedutaan Besar RI di Washington DC telah mengirim nota diplomatik kepada Kemlu AS untuk meminta klarifikasi terkait kejadian pada Sabtu (21/10/2017).

“Mengingat Duta Besar Amerika Serikat saat ini sedang tidak berada di Jakarta, Wakil Duta Besar Amerika Serikat juga telah dipanggil untuk menghadap ke Kemlu (Senin, 23/10/2017) guna memberikan keterangan,” ujar Arrmanatha.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you