Berita

Presiden Xi Jinping Janji Lebih Terbuka Untuk Bisnis Asing

on

Jambur.com/Berita Internasional – Dalam pidatonya saat Kongres Partai Komunis China yang dilaksanakan hari ini, Rabu (18/10), Presiden Xi Jinping berjanji akan lebih membuka pintu negaranya bagi bisnis asing.

“Keterbukaan membawa perkembangan bagi diri kami, menutup diri akan membuat kami tertinggal. China tidak akan menutup pintunya bagi dunia. Kami justru akan lebih dan lebih terbuka,” ujar Xi Jinping.

Di hadapan 2.300 delegasi partai tersebut, Xi Jinping juga menjanjikan akan memeberikan hak legitimasi dan kepentingan investor asing dimana selama ini Xi Jinping selalu menggaungkan kalau dirinya sebagai jawara globalisasi, apalagi setelah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menggaungkan kebijakan “America First” yang membuat Amerika semakin tertutup.

Namun meskipun begitu, banyak pengusaha dari berbagai perusahaan asing masih kerap melontarkan protes karena ucapan Presiden Xi Jinping itu hanyalah bohong semata. Menurut mereka, China masih memegang kendali ketat atas perekonomian mereka.

Perusahaan dari AS dan Eropa bahkan dilaporkan dilarang untuk menjalankan usaha di sejumlah sektor di China. Tak hanya itu, mereka diminta untuk berbagi teknologi dengan kompetitor lokal.

Donald Trump, yang akan bertandang ke Beijing pada bulan, pun meluncurkan penyelidikan terhadap praktik mencurigakan para pelaku bisnis properti di China

About Putra Tarigan

Penulis Lepas Rubrik Politik, Hukum dan Hiburan

Recommended for you