Berita

Said Iqbal: Jokowi-JK Bohong Dan Telah Gagal Dalam Mensejahterakan Buruh

on

Jambur.com,Jakarta- Terkait dengan Hari Kerja Layak Sedunia, Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, kerja layak bagi pekerja atau buruh pada semua sektor industri di Indonesia masih sangat jauh dari harapan. Hal tersebut juga ditandai dengan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal yang kian terjadi terhadap ribuan buruh pada sejumlah industri.

Said Iqbal menilai, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah gagal dalam mensejahterakan kaum buruh yang sama sekali tidak sesuai dengan janjinya sebelum terpilih sebagai Presiden RI.

“PHK yang terjadi mana-mana adalah cerminan pada kondisi hari ini dari rezim Joko Widodo dan Jusuf Kalla yang telah gagal dalam mensejahterakan kaum buruh dan memberikan kerja yang layak,” ucap Said kepada media di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Sabtu 7/10/2017.

Said menambahkan, pertumbuhan industri sebesar sekitar 17 persen yang disampaikan oleh Jokowi adalah  sebuah kebohongan. Hal tersebut dapat terlihat dari sekitar 50 ribu buruh yang telah di-PHK dalam kurun waktu tiga bulan terakhir.

Said menambahkan, sejumlah industri yang melakukan PHK massal, di antaranya di PT Infero, Freeport, Woo in, Indosat, Taxi Express, XL Axiata, 7-Eleven, Tempo Scan, hingga Hypermart. Selain itu, ribuan buruh di pintu tol juga terancam PHK karena otomatisasi jalan tol.

“Sekarang yang darurat adalah PHK. Jadi kebohongan kalau dikatakan pertumbuhan industri mendekati 17 persen,” tegasnya.

Said menilai, Jokowi juga telah keliru menyebut daya beli masyarakat meningkat saat berpidato di Kadin. Faktanya, ia berkata, daya beli menurun drastis yang berimbas pada PHK terhadap ribuan buruh.

Dari seluruh yang disampaikannya, Said menyatakan, buruh menuntut ada kenaikan upah lebih dari US$50 atau setara Rp650 ribu pada tahun 2018 agar daya beli meningkat.

Buruh juga meminta pemerintah mencabut PP Nomor 78/2015 yang dianggap sebagai penyebab PHK terus terjadi.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you