Berita

Berikut Kriteria Ideal Pendamping Jokowi Di Pilpres 2019

on

Jambur.com,Jakarta-Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan menyatakan bahwa kriteria tentang sosok yang ideal untuk mendampingi Presiden Joko Widodo sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2019 mendatang.

Lalu bagaimanakah sosok yang ideal menjadi pendamping Jokowi tersebut?

“Yang ideal itu mungkin orang yang berasal dari luar Jawa. Karena Presiden Jokowi kan orang Jawa. Misalnya berasal dari kalangan yang di-respect atau dihormati, dari kalangan Islam,” ujar Djayadi di kantornya, Kamis (5/10/2017).

Lebih detailnya lagi Djayadi mengatakan sosok tersebut idealnya masih mirip dengan pendamping Jokowi saat ini, yaitu Jusuf Kalla. Bahkan, menurutnya, bisa juga berasal dari kalangan militer.

“Mirip dengan Pak Jusuf Kalla dan bahkan mungkin juga dari kalangan militer. Karena Presiden Jokowi dianggap tidak kuat disisi tersebut. Jadi bisa saja jika menggandeng calon dari itu,” ujarnya.

Djayadi menambahkan, pemahaman publik masih menganggap bahwa sosok pemimpin yang kuat berasal dari kalangan militer. Sedangkan Presiden Jokowi bukan termasuk bagian dari itu.

“Jokowi kan dianggap oleh banyak orang pemimpin yang tidak begitu kuat. Pemimpin yang kuat dan tegas biasanya dianggap berasal dari kalangan militer,” ujarnya.

Lalu bagaimana jika Presiden Jokowi disandingkan dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo?

Djayadi berpendapat, hal tersebut bagus saja. Menurutnya, duet Jokowi-Gatot akan dapat memecah suara Prabowo Subianto. Tetapi, itu pun kalau Ketua Umum Partai Gerindra tersebut masih maju dalam Pilpres 2019 mendatang.

“Ada kemungkinan (Jokowi-Gatot) memecah suara Prabowo Subianto. Walaupun kita belum tahu seberapa banyak atau paling tidak orang yang belum memilih dapat ditarik dengan Gatot kalau dia berpasangan dengan Jokowi,” ujarnya.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you