Berita

Saksikan! Tampilan Harvest Moon Malam ini

on

Jambur.com – Bulan akan tampil beda pada Kamis malam inii, 5 Oktober 2017. Bulan berbentuk bola besar berwarna oranye akan tampak yang biasa disebut Harvest Moon.

Pemandangan bulan seperti ini terjadi dua minggu sebelum atau sesudah ekuinoks di musim gugur. Ekuinoks terjadi ketika sumbu bumi tidak terinklinasi terhadap matahari, dimana panjang siang dan malam rata-rata sama.

Harvest Moon adalah bulan purnama pertama yang dekat dengan ekuinoks musim gugur dan terjadi pada 22 September tahun ini. Ukuran dan warna bulan bervariasi dari tahun ke tahun. Hal ini tergantung pada waktu bulan terbit.

Menurut EarthSky, rata-rata bulan terbit sekitar 50 menit setiap hari. Bulan purnama di sekitar ekuinoks musim gugur biasanya naik hanya sekitar 30 sampai 35 menit setiap harinya. Perbedaan waktu yang kecil ini menandakan berapa lama bulan akan muncul di timur setelah matahari terbenam.

“Warna oranye bulan saat dekat dengan cakrawala adalah efek fisik yang sebenarnya. Berasal dari kenyataan bahwa ketika anda melihat ke arah cakrawala, anda akan melihat melalui ketebalan atmosfer bumi yang lebih besar daripada saat anda memandang ke atas”, kata EarthSky

EarthSky mengatakan, atmosfer bumi akan menyinari cahaya biru yang menyebabkan langit terlihat biru dan bulan di dekat cakrawala akan menyala dengan warna kuning, oranye atau kemerahan.

Harvest Moon biasanya muncul pada bulan September, namun untuk tahun ini karena bulan September telah muncul pada awal bulan (5 September), dan ekuinoks musim gugur terjadi pada 22 September, maka bulan purnama terdekat ke ekuinoks adalah 5 Oktober. Fenomena ini akan dapat dilihat dengan mata telanjang pada Kamis ini.

Menurut Royal Museums Greenwich, bulan ini biasanya disebut dengan Bulan Hunter atau Bulan Darah. Bulan Darah ketika warnanya menjadi merah, hal ini biasanya dikaitkan dengan gerhana bulan, namun diperkirakan tidak akan muncul selama Harvest Moon tahun ini.

Pada 5 Oktober, konjungsi planet Venus dan Mars juga akan terjadi. Planet-planet akan tampak lebih dekat dengan cakrawala. Fenomena ini mungkin akan lebih sulit dilihat dari pada fenomena bulan Harvest.

Kesempatan terbaik untuk melihatnya adalah dengan melihat ke timur dari jam 6 pagi sampai fajar menyingsing.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you