Berita

Pukat: Pelaporan Ketua KPK Adalah Bentuk Pelemahan KPK Secara Sistematis

on

Jambur.com,Jakarta-Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo dilaporkan Madun Hariyadi ke Bareskrim Polri. Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gajah Mada (UGM), menilai pengaduan tersebut adalah gambaran  serangan balik terhadap KPK. Serangan balik tersebut dilancarkan disaat pengusutan kasus korupsi besar yang diusut oleh KPK.

“Pengaduan terhadap Ketua KPK Agus Rahardjo bisa menggambarkan adanya bentuk serangan balik terhadap pemberantasan korupsi. Apa lagi saat ini KPK tengah melalukan pengusutan korupsi yang sangat besar,” ucap peneliti Pukat UGM, Rabu (4/10/2017) malam.

Dia menilai, serangan balik berbentuk pelaporan telah terjadi pada era pimpinan KPK terdahulu seperti Abraham Samad dan Bambang Widjojanto.

“Dalam melakukan tugas pemberantasan korupsi selalu ada serangan balik terhadap pemberantasan korupsi itu sendiri. Dulu kasus pelaporan Abraham Samad dan Bambang Widjojanto bisa menjadi kasus pengingat,” ujarnya.

Hifdzil juga menambahkan indikasi itu diperkuat oleh orang yang melaporkan Agus Raharjo. Dia menilai pelaporan pimpinan KPK tersebut adalah bentuk pelemahan terhadap KPK.

“Terkait soal subjek yang melakukan laporan. Berdasarkan keterangan media, pelapor adalah subjek yang sama dengan yang melaporkan Abraham Samad dulu. Artinya, dalam hal pemberantasan korupsi, pelaporan saat ini mengindikasikan hal yang sama,yakni serangan balik terhadap pemberantasan korupsi. Apalagi, hal seperti ini adalah bentuk pelemahan yang sistematis terhadap KPK,” ujarnya.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Madun Hariyadi melaporkan pimpinan KPK, Agus Rahardjo atas tuduhan korupsi pengadaan peralatan IT di gedung baru KPK. Laporan dilakukan di Bareskrim Polri pada Senin (2/10/2017).

Dalam laporan tersebut,  Madun tidak menyertakan bukti pendukung. Tetapi berdasarkan keterangan-keterangan yang diberikan berasal dari pemenang lelang.

About Yogi Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you