Berita

Argentina Terancam Gagal Lolos Piala Dunia Untuk Pertama Kalinya Sejak 1970

on

Jambur.com – Timnas Argentina akan menghadapi dua laga yang mereka harus berjuang hidup mati dalam kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Peru dan Ekuador. Jika mereka tak mampu memenangkan pertandingan, terutama sekali atas Peru, tim Leonel Messi itu gagal merebut tiket langsung ke putaran final.

Lionel Messi cs saat ini menduduki posisi kelima klasemen zona Amerika Latin. Mereka punya nilai sama 24 dengan Peru yang ada di atasnya dan tertinggal 2 angka oleh Kolombia. Tim Tango juga hanya unggul satu poin atas Cile.

Nantinya, hanya tim peringkat empat besar yang langsung lolos ke Rusia. Tim di posisi kelima harus menjalani laga playoff melawan pemenang dari zona Oceania.

Kondisi Argentina saat ini bisa dibilang ironis. Rival utamanya, Brasil, dari jauh hari sudah lolos ke putaran final. Selama ini Argentina juga bisa dibilang mempunyai performa yang cukup stabil dan telah mencapai tiga final besar dalam tiga tahun terakhir, termasuk Piala Dunia 2014. Kini tim itu justru terancam gagal lolos untuk pertama kalinya sejak 1970.

Argentina sangat membutuhkan kemenangan atas Peru dalam laga di kandang sendiri pada 5 Oktober 2017. Juga saat menyambangi Ekuador pada 10 Oktober.

Pelatih Argentina, Jorge Sampaoli, mengakui timnya dalam posisi sulit.

“Sekarang ini menjadi rumit, dan ketay” katanya.

Sampaoli, mantan pelatih Cile dan Sevilla, bertugas sejak empat bulan lalu. Harapan yang tersandar di pundaknya cukup besar, terutama bila melihat keberhasilannya memoles Cile menjadi tim juara.

Namun kini ia seperti dihadapkan pada masalah yang tak berujung. Dengan begitu banyak bintang hebat, ia gagal menghadirkan tim Argentina yang disegani lawan.

Ia disebut-sebut mewarisi pemain yang kebingungan dengan gaya bermain tim karena ditangani tiga pelatih berbeda dalam dua tahun terakhir. Ia juga dikritik karena tak konsisten dalam memilih pemain. Sejak bertugas, ia sudah memakai 48 pemain berbeda.

Untuk dua laga kualifikasi kali ini, ia juga kembali melakukan perubahan. Sampaoli memanggil Fernando Gago untuk pertama kalinya dalam dua tahun. Mantan pemain Real Madrid ini diharapkan menjadi tandem pas buat Lionel Messi setelah Sergio Aguero cedera karena kecelakaan.

Masih perlu dilihat, apakah kali ini pilihannya itu bisa berbuah hasil manis bagi timnas Argentina. Yang pasti, Sampaoli harus bisa memastikan timnya dapat memenangi dua laga tersisa, atau ia akan didepak.

About Elfanta Purba

Penulis Lepas Tentang Politik, Tips dan Trik

Recommended for you