Berita

Menghamburkan Uang Negara Untuk Perjalanan Dinas, Menteri Kesehatan AS Mengundurkan Diri

on

Jambur.com, Washington – Menteri Kesehatan Amerika Serikat, Tom Price mengundurkan diri pada Jumat waktu setempat (29/9) karena dikritik telah menghabiskan uang pembayar pajak untuk perjalanan dinas. Price diperkirakan telah menghabiskan US$ 500.000 (Rp 6,7 miliar) untuk perjalanan dinas menggunakan pesawat militer ke Afrika dan Eropa pada musim semi ini dan ke Asia di musim panas.

Price juga kerap menggunakan pesawat jet carter untuk perjalanan domestik. Totalnya, Price menghabiskan uang negara sekitar US$ 1.000.000 hanya untuk perjalanan dinas saja. Price mengatakan bahwa dirinya akan mengganti uang negara yang ia gunakan untuk menyewa jet carter tetapi tidak menawarkan diri membayar uang yang dihamburkannya saat menggunakan pesawat militer.

Presiden AS Donald Trump mengatakan dirinya menolak tawaran Price untuk mengganti uang perjalanan menggunakan jet carter. “Saya tidak senang,” kata Trump saat menanggapi pertanyaan wartawan soal pengunduran diri Price.

Menggunakan pesawat militer untuk perjalanan dinas biasanya diberikan kepada menteri di bidang yang menyangkut tetang keamanan negara. Tetapi Gedung Putih terkadang menyetujui penggunaaan pesawat militer untuk menteri yang tidak terkait urusan keamanan negara.

Pemborosan yang dilakukan Price banyak menuai kritik pedas karena pendahulunya Kathleen Sebelius, yang menjabat sebagai Menkes era Obama selalu menggunakan penerbangan komersil untuk perjalanan dinasnya. Sedangkan Sylvia Mathews Burwell diketahui hanya sekali menggunakan pesawat militer, yaitu perjalanan dinas ke Kuba.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you