Berita

Apa Itu Mengigau Dan Cara Mengatasinya?

on

Jambur.com – Berbicara saat tidur atau disebut mengigau merupakan fenomena yang umum. Biasanya dialami oleh anak-anak, tapi orang dewasa juga bisa berbicara tanpa sadar saat tidur.

Menurut para ahli, sekitar setengah dari anak-anak dan 5 persen orang dewasa punya kebiasaan mengigau. Penyebab dari fenomena ini belum ada yang mampu memecahkannya, Dokter spesialis tidur sekalipun tidak mengetahui apa penyebabnya secara pasti.

Mengigau adalah gangguan tidur yang bisa terjadi dalam setiap tahap tidur. Isi igauan bisa melibatkan dialog yang rumit atau monolog, omong kosong, atau hanya sekedar bergumam. Seseorang yang mengalami hal ini biasanya tidak menyadari perilaku mereka sampai ada seseorang yang mengatakan kepadanya.

Mengigau bukanlah sesuatu yang berbahaya. Walaupun begitu, mengigau bisa menjadi tanda gangguan tidur yang lebih serius seperti sleep apnea, night terrors, gangguan perilaku REM (Rapid Eye Movement), (mimpi yang melibatkan fungsi indra), atau melakukan tindakan seksual saat tidur.

Mengigau sering terjadi ketika seseorang mengalami demam, kurang tidur, depresi, stres atau mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan sebelum tidur. Mengigau juga akan mengacaukan kualitas tidur serta menggangu orang yang tidur dekat Anda. Apalagi kalau suara igauan tersebut cukup keras dan sering.

Orang yang sedang mengigau sebenarnya bisa dibangungkan. Hal itu akan membuat mereka berhenti sebentar, tapi ketika mereka tidur kembali mungkin ia akan mengigau lagi.

Apakah dapat dihilangkan?

Menurut Natalie Dautovic, seorang calon profesor psikologi dari Universitas Alabama, AS, mengatakan, salah satu cara untuk mengatasi kebiasaan mengigau adalah dengan mempraktikkan pola tidur yang baik.

“Perilaku yang Anda lakukan dalam sehari dan sebelum tidur akan mempengaruhi tidur Anda,” katanya.

Cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya dan miliki jam tidur 7-9 jam setiap malam. Mengurangi minuman beralkohol.

“Alkohol dapat membantu orang merasa mengantuk dan mungkin membantu agar tidur dengan pulas. Namun memiliki efek yang dapat  mengganggu aktivitas tidur pada malam hari dan menyebabkan Anda terbangun serta membuat Anda tidak bisa tidur kembali,” terangnya.

Bagi banyak orang, kebiasaan mengigau saat tidur hanya sementara saja. Kadang-kadang hal tersebut dapat muncul kembali pada masa dewasa jika jadwal tidur tidak teratur. Benarkah kata-kata yang diucapkan berkaitan dengan mimpi? Tidak ada yang tahu pasti.

“Fungsi otak saat kita sedang tertidur sangatlah kompleks sehingga sulit untuk mengetahui di mana konten tersebut berasal dan bagaimana hal itu disaring melalui berbagai fungsi otak,” kata Dautovich, sebagaimana dikutip dari kompas.com.

About Elfanta Purba

Penulis Lepas Tentang Politik, Tips dan Trik

Recommended for you