Berita

Orang Buta Sejarah Rentan Termakan Berita Hoax

on

Jambur.com – Beberapa hari yang lalu Lembaga Bantuan Hukum Jakarta menggelar acara seni AsikAsikAksi. Para hadirin yang terdiri dari aktivis, seniman, dan korban tragedi 1965 menonton pembacaan puisi dan musik.

Namun sayang, kegiatan mengenal sejarah itu pun harus terhenti karena pada 21.30, tempat acara di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, digeruduk oleh massa. Massa yang mengggeruduk tempat tersebut berteriak-teriak untuk membubarkan acara yang ada di dalam. Mereka pun sempat melempari gedung Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) sekitar pukul 01.40 pada 17 September 2017.

Psikolog Ratih Ibrahim sangat menyayangkan kejadian itu. Menurut perempuan ini, sebenarnya sangat penting bagi seseorang untuk mempelajari sejarah.Sebaiknya para orang tua harus bisa mulai mengenalkan sejarah dengan berkunjung ke museum.

“Dengan mengetahui sejarah, orang tidak akan tercabut dari akar dan budayanya,” kata Ratih dalam acara ‘Ibu Bersinar Sunlight’ di Jakarta Selasa 19 September 2017.

Ratih juga menyampaikan bahwa dengan mengetahui sejarah seseorang sulit termakan oleh berita hoax.

“Jangan mau diplintir sana sini. Makanya harus lihat dengan teliti urutan sejarahnya,” kata Ratih.

Tidak perlu jauh-jauh untuk mengetahui sejarah bangsa. Banyak pula orang yang tidak tahu sejarah dirinya sendiri.

“Banyak pasien saya, yang ternyata tidak tahu asal usulnya. Mereka tidak tahu apakah mereka anak kandung atau anak angkat,” terang Ratih.

Seseorang sangat penting mengetahui sejarah dirinya. Seperti mencari informasi tentang sejarah nasional, seseorang pun bisa mencari kepastian informasi sejarah tentang dirinya dari berbagai sumber. Seperti misalnya akte kelahiran, kisah dari sanak saudara, lalu ada pula foto dan bentuk informasi lain.

“Kalau tahunya sejarah hanya  di ujung-ujungnya, Anda akan mudah dibohongi,” tegasnya.

About Elfanta Purba

Penulis Lepas Tentang Politik, Tips dan Trik

Recommended for you