Berita

Pesawat Tempur AS Dan Korsel Melintas Dan Peringati Korut

on

Jambur.com,Seoul- Pesawat pembom supersonik B-1B Amerika Serikat bersama dengan pesawat jet tempur siluman F-35B, melakukan latihan militer gabungan dengan Korea Selatan di atas wilayah Semananjung Korea, pada hari Senin,18 September 2017.

Latihan gabungan tersebut ditujukan sebagai peringatan terhadap Korea Utara atas peluncuran rudal yang melewati wilayah udara Jepang pekan lalu.

“Militer AS melakukan latihan pengeboman pura-pura di atas langit Korea pada hari Senin,” kata sumber pemerintah Korsel yang dikutip kantor berita Yonhap, tanpa merinci jumlah pesawat yang dikerahkan. Setelah latihan gabungan, pesawat jet tempur F-35B dan pesawat pembom B-1B kembali ke markas mereka masing-masing, yakni di Jepang dan Guam.

Ketegangan telah meningkat di semenanjung Korea sejak Korea Utara melakukan uji coba senjata nuklir keenam kalinya pada 3 September lalu. Korea Utara mengatakan bahwa mereka telah berhasil menguji sebuah bom hidrogen yang dapat dipasang di rudal balistik antar benua (ICBM).

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan suara bulat telah menyetujui sebuah resolusi sanksi baru, yaitu melarang ekspor tekstil Korea Utara dan membatasi impor minyak negara tersebut sebagai akibat dari uji coba senjata nuklir.

Tapi, pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un tidak gentar. Dia justru bersumpah bahwa negaranya akan mencapai tujuan program senjata nuklirnya, yakni menyamai kekuatan militer Korut dan AS.

Rusia dan China mendesak agar situasi di Semenanjung Korea diselesaikan melalui dialog, bukan sarana militer.
Kedua negara itu telah berulang kali mengajukan rencana ”pembekuan ganda”, di mana Korea Utara akan dilarang menguji uji coba rudal dan senjata nuklirnya dengan imbalan penghentian latihan militer gabungan AS dan Korea Selatan. Tapi, proposal Moskow dan Beijing ini ditolak Washington.

About Yogi Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you