Berita

PBB Beri Sangsi Baru, Korut Malah Semakin Mempercepat Program Rudal Dan Nuklirnya

on

Jambur.com – Pakar terkemuka Korea Utara (Korut), Andrei Lankov menyatakan dengat tegas bahwa tidak ada satu carapun yang dapat menghentikan Kim Jong-Un dalam program Nuklir dan rudalnya. Ia juga berpendapat, bahwa Kim Jong-Un berambisi untuk menghancurkan beberapa kota di Amerika Serikat dengan rudalnya.

Tidak ada cara untuk menghentikan rezim Kim Jong-un serta program rudal dan nuklirnya,” kata Lankov.

Pakar Pyongyang yang berbasis di Seoul ini menyatakan Komentar ini sesaat setelah Korut mengancam akan menenggelamkan Jepang dengan bom nuklir dan membuat sebagian wilayah AS menjadi abu.

Sehari setelah ancaman Pyongyang terlontar, hari ini (15/9/2017), Korut menembakkan rudal balistik jarak menengah (IRBM) yang menerobos wilayah udara Hokkaido, Jepang. Peluncuran dengan jalur ini mengulang tembakan rudal serupa pada 29 Agustus yang lalu.

Lankov mengatakan kepada Fox News bahwa Kim Jong-Un saat ini mempercepat program rudal dan nuklirnya jauh lebih cepat dari perkiraan siapa pun.

”Mereka ingin mendapatkan sejumlah rudal balistik antarbenua (ICBM) yang mampu menghancurkan sejumlah besar kota di Amerika,” kata Lankov.

Pakar tersebut menyatakan keraguannya tentang upaya mengekang Korea Utara dalam mencapai tujuan militernya. Dam sebaliknya, jika penggunaan kekuatan militer sebagai cara menghentikan rezim Kim Jong-un, itu akan membuat semenanjung Korea jadi medan perang.

Dia mengatakan sanksi dan diplomasi regional juga tidak akan berhasil.

”Saya tidak bisa berpikir bahwa sayangnya tidak ada cara untuk menghentikan mereka,” ujar Lankov. ”Tidak mungkin penggunaan kekuatan militer, itu akan menghasilkan perang Korea kedua. Itu akan menjadi bencana yang mutlak,” paparnya.

“Mereka tidak ingin berbicara tentang denuklirisasi, mereka dapat berbicara tentang pembekuan nuklir dengan imbalan konsesi ekonomi dan politik,” kata Lankov.

About Elfanta Purba

Penulis Lepas Tentang Politik, Tips dan Trik

Recommended for you