Berita

Hari Ini Korea Utara Dan Korea Selatan Adu Kekuatan Rudal

on

Jambur.com,Internasional- Korea Utara hari ini kembali meluncurkan rudal yang melintasi wilayah udara Jepang. Aksi dari negara pimpinan Kim Jong-un, itu sontak langsung dibalas oleh Korea Selatan yang juga meluncurkan dua rudal balistiknya.

Adu rudal tersebut pun menjadi sentimen negatif bagi dunia investasi. Buktinya, beberapa indeks regional terpantau melemah hari ini. Dilansir dari Reuters, Jumat (15/9/2017), indeks acuan Korsel, Kospi Index hingga saat ini melemah 0,17% ke posisi 2.373,66.

Lalu indeks Hang Seng juga ikut melemah 0,36% ke level 27.676,44. Shanghai Composite Index pun melemah 0,29% ke level 3.360,63.

Namun indeks acuan di Jepang justru sebaliknya. Nikkei Stock Average 225 justru menguat 34,69 poin atau 0,18% ke 19.842,13.

Sebelumnya, dilansir kantor berita Korea Selatan, Yonhap News Agency, Jumat (15/9/2017), militer Korsel menembakkan dua rudal jenis Hyunmoo-2 dari sebuah lokasi peluncuran rudal di sebelah timur negara tersebut, perbatasan dengan Korea Utara.

Dua rudal Hyunmoo-2 milik Korea Selatan itu diluncurkan sekitar 6 menit setelah Korea Utara meluncurkan rudalnya pada Jumat (15/9) pagi, sekitar pukul 06.57 waktu setempat. Peluncuran dua rudal Hyunmoo-2 ini merupakan bagian dari latihan militer.

Disebutkan oleh salah satu pejabat Kantor Staf Gabungan Korsel kepada awak media, salah satu rudal berhasil mengenai target simulasi di Laut Timur, yang berjarak 250 kilometer dari lokasi peluncuran.

Disebutkan pejabat Korsel itu, jarak tersebut merupakan jarak yang sama antara area latihan militer Korea Selatan dengan pangkalan udara Sunan di Pyongyang, Korea Utara. Pangkalan udara Sunan merupakan lokasi Korea Utara menembakkan rudalnya pagi ini.

Satu rudal lainnya dilaporkan jatuh ke laut pada tahap awal setelah diluncurkan. Otoritas terkait sedang menyelidiki hal ini lebih lanjut.

Dalam pernyataan resminya, pemerintah Korea Selatan menyampaikan kecaman keras atas peluncuran rudal Korea Utara yang terbaru ini. Korea Selatan mendesak Korea Utara untuk segera menghentikan aksi provokasi sembrono dan kembali ke meja perundingan.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you