Berita

Tak Peduli Resiko, Reklamasi Teluk Jakarta Tetap Akan Dilanjutkan

on

Jambur.com – Proyek reklamasi Pulau C, D, dan G di Teluk Jakarta akan terus dilanjutkan. Hal itu ditefaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Panjaitan. Pernyataan itu menanggapi berbagai pihak yang menginginkan proyek reklamasi dihentikan.

“Tidak ada alasan lagi untuk tidak mengeluarkan atau tidak membolehkan proses di sana. Konsep secara menyeluruh sudah disajikan, dan tidak ada yang bisa challenge kita,” ucap Luhut di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (13/9).

Luhut berani mengutarakan hal tersebut dengan lantang karena pemerintah dan pengembang sudah memiliki kesepakatan.

“Beberapa pekan yang lalu, pemerintah telah rapat dengan para pengembang. Kesimpulannya, para pengembang Pulau C dan D setuju dengan persyaratan yang diajukan pemerintah”, kata Luhut.

Disamping itu, Luhut juga mengatakan, kesepakatan pemerintah dengan pengembang terkait proyek dengan Pulau G, diklaim mengalami kemajuan. Luhut yakin akan terjalin kerja sama antara pemerintah dengan pengembang seperti halnya di Pulau C dan D.

“Mengenai Pulau G lagi difinaliasi, kami berharap minggu depan selesai,” kata Luhut.

Luhut mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal mendapat sedikitnya Rp 77,8 triliun atau 15 persen dari proyek reklamasi. Keuntungan tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan tanggul laut raksasa.

Menurut Luhut, pengalokasian tersebut sudah sangat tepat, karena walau bagaimana pun tanggul laut raksasa mesti dibangun demi masyarakat Jakarta itu sendiri.

“Sudah tidak bisa ditunda lagi. Kalau ditunda, penurunan daratan Jakarta akan terus berlanjut,” ujar Luhut.

About Elfanta Purba

Penulis Lepas Tentang Politik, Tips dan Trik

Recommended for you