Berita

Singapura Kini Punya Presiden Wanita Pertama

on

Jambur.com, Singapura – Halimah Yacob telah mengukir sejarah sebagai wanita pertama yang menjabat sebagai Presiden Singapura. Tidak cuma itu, Halimah yang mengenakan hijab ini juga akan menjadi Presiden Singapura pertama yang berasal dari etnis Melayu dalam 47 tahun terakhir.

Seperti dilansir oleh media Singapura, Channel News Asia dan Reuters, Selasa (12/9/2017), Halimah akan dilantik menjadi Presiden Singapura pada Rabu (13/9) besok setelah dinyatakan sebagai satu-satunya calon yang memenuhi syarat. Sementara empat calon lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh Departemen Pemilu Singapura.

Pada Senin (11/9 2017), Departemen Pemilu Singapura mengatakan hanya ada satu Sertifikat Kelayakan yang dikeluarkan pihaknya.

Halimah sebelumnya telah menjabat sebagai Ketua Parlemen Singapura. Pengalamannya menjabat sebagai Ketua Parlemen Singapura selama tiga tahun turut membantu Halimah dalam memenuhi syarat pencalonan. Dia mencalonkan diri sebagai kandidat dari sektor publik.

Perempuan ini dikenal aktif berkampanye melawan kelompok Islam radikal. Dia kerap mengecam kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

”Saya berjanji untuk melakukan yang terbaik yang bisa saya lakukan untuk melayani masyarakat Singapura dan itu tidak berubah, apakah ada pemilu  atau tidak ada pemilu,” ujarnya, kemarin Senin, 11 September 2017.

”Semangat dan komitmen saya untuk melayani rakyat Singapura tetap sama. Saya tetap berkomitmen penuh untuk melayani Singapura,” ujarnya.

Selain menjadi wanita pertama yang menjadi Presiden Singapura, Halimah juga menjadi etnis Melayu pertama dalam 47 tahun terakhir yang menjabat posisi penting di Singapura. Terakhir kali ada Yusof Ishak menjabat Presiden Singapura tahun 1965-1970.

Departemen Pemilu Singapura tidak menjelaskan lebih lanjut soal alasan penolakan empat kandidat lainnya. Namun dua kandidat di antaranya yang berasal dari sektor swasta dilaporkan tidak memenuhi syarat soal memimpin perusahaan dengan nilai aset minimum SG$ 500 juta, atau memiliki pengalaman dan kemampuan setara dengan sektor publik.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you