Berita

Jaksa Agung : Kejaksaan Lebih Banyak Selesaikan Kasus Korupsi Dari Pada KPK

on

jambur.com – Muhammad Prasetyo mengklaim bahwa kejaksaan lebih banyak menuntaskan kasus korupsi dibandingkan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kurun waktu setahun terakhir.

Pernyataan itu disampaikan Jaksa Agung tersebut untuk menanggapi wacana pembentukan Detasemen Khusus (Densus) Tindak pidana korupsi (Tipikor) oleh Kepolisian Republik Indonesia yang dimana kejaksaan akan dilibatkan dalam hal penuntutan.

Meskipun demikian, Prasetyo tidak secara tegas menjawab apakah nantinya kejaksaan akan ikut bergabung.

“Dari pernyataan ICW (Indonesia Corruption Watch) sendiri selama 2016-2017 kejaksaan mampu menyelesaikan kasus korupsi jauh lebih banyak dari penegak hukum lain, termasuk KPK,” ujar Prasetyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/9/2017).

Prasetyo menambahkan, kinerja Kejaksaan yang melebihi KPK tersebut dapat dicapai meskipun dana opetasionalnya sangat minim dan tidak sebanyak KPK. Oleh sebab itu, ia mengatakan akan terus memaksimalkan kerja-kerja satuan tugas tersebut.

Semakin banyak institusi atau lembaga penegak hukum yang dispesialkan untuk memberantas korupsi, semakin bagus. Biar semuanya tertangani dengan baik,” ujar dia.

Sebelumnya, wacana pembentukan Densus Tipikor menguat seiring akan berakhirnya kerja Panitia Khusus Angket KPK. Wacana tersebut menjadi salah satu opsi dari rekomendasi yang dibahas dalam Pansus Angket KPK.

About Elfanta Purba

Penulis Lepas Tentang Politik, Tips dan Trik

Recommended for you