Berita

Ternyata Dongeng Adalah Karya Seorang Budak

on

Jambur.com – Semua manusia yang hidup dijaman sekarang ini tentunya tidak asing dengan cerita-cerita dongeng atau fabel. Seblum pekemabangan Ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi seperti sekarang ini. Cerita Fabel adalah cara para orang tua jaman dahulu untuk menghibur dan sekaligus mengajarkan moral kepada anak-anaknya.

Namun dalam hal ini banyak orang yang melewatkan satu hal yang sangat penting dari cerita-cerita yang menarik itu. Semua orang senang ketika di ceritai dongen namun banyak diantaranya lupa bertanya sipa yang mebuat cerita-cerita yang menarik itu.

Meski tidak ada data dan bukti yang jelas namun banyak sumber yang mengatakan bahwa yang melahirkan cerita dongeng atau febel adalah Aesop. Aesop adalah seorang budak seorang kaya raya Yunani . Ia diperkirakan lahir di Asia tahun 620 SM. Meski Aesop seorang budak ia juga memiliki jiwa yang peduli kepada orang-orang oleh sebab itu ia menunjukkan kepeduliannya dengan cara mengarang Dongeng dan menceritakannya kepada orang-orang untuk menghibur.

Aesop sendiri dikatakan mengarang banyak cerita fabel yang kemudian diceritakan turun-temurun dari mulut ke mulut. Socrates (salah satu pemikir di jaman kuno) diperkirakan menghabiskan waktunya saat di penjara dengan mengubah Aesop fabel ke dalam bentuk sajak. Banyak filsuf dan pemikir-pemikir di jaman setelah Aesop menyatukan kembali kumpulan cerita tersebut di tahun 300 sebelum masehi, yang kemudian di terjemahkan ulang ke bahasa latin sekitar tahun 25 sebelum masehi oleh filsuf lain.

Cerita fabel dari kedua koleksi kemudian disatukan dan diterjemahkan ulang ke bahasa Yunani kembali sekitar tahun 230 setelah masehi, dengan beberapa tambahan cerita fabel yang dimasukkan dan kemudian di terjemahkan lagi ke bahasa Arab dan bahasa lain. Kumpulan cerita tersebut selanjutnya diperkaya dengan cerita-cerita tambahan dari kebudayaaan Arab dan lainnya.

About Elfanta Purba

Penulis Lepas Tentang Politik, Tips dan Trik