Berita

Polda Metro Jaya Akan Usut Tuntas Kasus Jonru Ginting

on

Jambur.com – Kepolisian Daerah Metro Jaya menyatakan akan mengusut tuntas kasus Jon Riah Ukur Ginting atau Jonru Ginting yang didiga lakukan ujaran kebencian di media sosial.

“Dari Krimsus, nanti kita akan melakukan penyelidikan,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Besar Raden Prabowo Argo Yuwono di Masjid Al-Kautsar Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat, 1 September 2017.

Jonru Ginting dilaporkan oleh pengacara Muannas Al Aidad ke Polda Metro Jaya atas tuduhan ujaran kebencian pada Kamis, 31 Agustus 2017. Dalam akun media sosialnya, Jonru menyebut muasal orang tua Jokowi serba tidak jelas.

Argo mengatakan, polisi akan memanggil beberapa ahli untuk menentukan apakah unggahan Jonru di akun media sosialnya itu mengandung unsur pidana ata tidak. Soal jadwal pemeriksaan oleh ahli tersebut, Argo belum dapat memastikan waktunta.

“Bertahap, nanti step by step kita cek, nanti semuanya tetap kita lakukan pemeriksaan.” katanya.

Disamping itu Muannas mengklaim dia merupakan perwakilian sejumlah anggota masyarakat yang resah atas tudingan-tudingan Jonru Ginting di media sosial termasuk kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

Muannas menuturkan, setiap posting-an Jonru di media sosial seolah-olah hendak membangun stigma mengenai pertentangan agama, etnis, fitnah, dan penghinaan di Indonesia. Sayangnya, jejak digital posting-an lama Jonru diduga sudah banyak yang dihapus. “Tapi, kan (posting-an lama) banyak di-capture orang dan bertebaran di media sosial.”

Oleh sebab itu untuk menguatkan dasar laporannya, Muannas ingin kepolisian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika bisa menghubungi Facebook untuk menghidupkan kembali posting-an lama Jonru yang telah dihapus.

About Elfanta Purba

Penulis Lepas Tentang Politik, Tips dan Trik

Recommended for you