Berita

Tindakan Aris Datangi Pansus Merupakan Pembangkangan Dan Penghinaan Kepada Pimpinan Dan Institusi

on

Jambur.com – Tindakan Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Brigadir Jendral Aris Budiman yang hadir di rapat Pansus Angket KPK tanpa persetujuan pimpinan berbuntut panjang.

Berbagai kritikan terhadap Aris pun diungkap berbagai pihak. Salah satunya, mantan pimpinan KPK, M Busyro Muqoddas. Busyro menilai tindakan Aris tersebut merupakan pembangkangan dan penghinaan kepada pimpinan dan institusi.

Busyro mempertanyakan mengapa seorang Direktur Penyidikan berani melakukan pembangkangan. Menurut dia baru sekali ini seorang direktur berani melakukan pembangkangan terhadap pimpinan. Padahal semua pimpinan KPK sepakat tidak boleh ada yang hadir ke pansus hak angket KPK.

“Pembangkangan senekat ini, jangan-jangan diam-diam sudah ada sinyal dari atasannya (KPK). Atasannya itu bisa struktural di atasnya,” kata dia. Kejadian ini, menurut Busyro bisa dijadikan sarana bersih-bersih di tubuh KPK.

Bukan hanya memberhentikan Aris secara tidak hormat namun kejadian ini dapat dijadikan bahan untuk membersihkan pejabat yang lain. Busyro menambahkan, sebagai contoh pengawas internal KPK. Orang yang menduduki jabatan ini haruslah orang yang pemberani dan berintegritas. Menurutnya Pengawas internal KPK perlu untuo di tinjau ulang.

Selain jabatan pengawas internal, Busyro juga menyoroti jabatan Deputi Penindakan kemudian Kepala Biro Hukum. Menurutnya kedua lembaga itu perlu untuk di evaluasi. Dengan adanya evaluasi obyektif dan hasilnya diumumkan ke masyarakat melalui media masa, maka KPK akan lebih solid.

Hifdzil Alim, peneliti di Pusat Kajian Antikorupsi Universitas Gadjah Mada juga sepakat dengan Busyro. Aris Budiman harus dikembalikan ke institusi Polri. Pembangkangan terhadap pimpinan dengan datang ke Pansus Hak Angket KPK sudah menjadi alasan kuat untuk memberhentikan dia dari jabatan Direktur Penyidikan.

“Insubordinasi, dikembalikan ke institusi Polri. Saat dia menjabat Direktur Penyidikan KPK, pimpinannya adalah pimpinan KPK,” tegasnya.

About Elfanta Purba

Penulis Lepas Tentang Politik, Tips dan Trik

Recommended for you