Berita

Ejakulasi Bermanfaat Bagi Pria Untuk Menurunkan Risiko Kanker Prostat

By

on

Jambur.com/Berita Kesehatan – Kanker prostat merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi pria, untuk itu perlu pencegahan dini agar seseorang dapat terhindar dari penyakit yang menyerang sistem reproduksi pria ini.

Banyak cara yang ditawarkan untuk mencegah kanker prostat atau paling tidak untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit ini. Salah satunya adalah dengan sering ejakulasi.

Baru-baru ini sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan sering ejakulasi maka seorang pria dapat menurunkan risiko kanker prostat pada dirinya.

Menurut riset yang dilakukan Boston University of Public Health, risiko kanker prostat bisa dikurangi lewat ejakulasi dengan frukuensi teratur.

Dalam riset itu peneliti menguji 32.000 pria dari tahun 1992 hingga 2010 untuk mencari tahu bagaimana frekuensi ejakulasi mempengaruhi risiko munculnya kanker prostat dalam jangkan waktu 18 tahun.

Mereka menemukan bahwa pria berusia 20 hingga 29 tahun yang mengalami ejakulasi 21 kali atau lebih setiap bulan, memiliki kemungkinan terkena kanker prostat 19 persen lebih kecil dibanding mereka yang kurang sering ejakulasi, misalnya hanya 4 hingga 7 kali per bulan.

Tidak hanya mereka yang berusia muda, pria berusia 40 hingga 49 tahun yang mengalami setidaknya 21 ejakulasi tiap bulan, juga memperoleh manfaat penurunan risiko terkena kanker prostat hingga 22 persen.

Sebelumnya, penelitian di Australia terhadap 2.338 pria mendapati bahwa mereka yang rata-rata mengalami ejakulasi antara 4,6 hingga 7 kali seminggu lebih kecil 36 persen kemungkinannya didiagnosa terkena kanker prostat dibanding mereka yang ejakulasi rata-rata hanya 2,3 kali seminggu.

Bagaimana bila frekuensi ejakulasi seseorang lebih banyak dari 21 kali sebulan? Menurut Jennifer, hal itu bukan masalah karena semakin sering ejakulasi, akan memberi pengaruh baik pada kesehatan prostat.

Selain itu, apakah Anda mengalami ejakulasi dengan bercinta dengan pasangan, lewat mimpi basah,  atau melalui masturbasi, manfaatnya terhadap kesehatan prostat tidak berbeda.

“Frekuensi ejakulasi ini, pada beberapa bagian bisa menjadi ukuran kesehatan pria. Mereka yang mengalami sedikit ejakulasi, misalnya hanya 3 kali sebulan, juga lebih cenderung memiliki masalah kesehatan lain di samping kanker prostat,” kata Jennifer.

Untuk diketahui, Pengertian Kanker Prostat adalah pertumbuhan sel-sel secara tidak terkendali dalam kelenjar prostat. Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat berada di bawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar prostat mengelilingi uretra, yaitu saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke penis.

About Vadhona

Penulis Lepas Rubrik Teknologi, Kesehatan, Selebritis dan Gaya Hidup

Recommended for you