Berita

Emosi Saat Kelelahan Ketika Mudik? Ini Tips Untuk Meredamnya

on

Jambur.com/Berita Tips – Melakukan perjalanan jauh tentu akan sangay melelahkan, oleh karenanya pada saat-saat itu seseorang akan sangat mudah emosi, apalagi jalanan macet dan ditambah lapar, maka bisa saja semua menjadi tidak terkendali.

Emosi saat melakukan perjalanan tentu tidak baik bagi keselamatan dan juga kenyamanan dalam perjalanan maka dari itu sebaiknya anda perlu meredam emosi secepatnya bila sudah mulai timbul.

Bagaimana meredam emosi saat badang kelelahan ? Berikut tips dari Ratih Zulhaqqi, MPsi, seberti diberitakan detikhealt, Jumat (23/6/2017).

Tips untuk jaga amarah adalah dengan mengatur pola pikir kita. “Orang dewasa harus tahu cara merespons, dan coba berpikir ‘yaudah ini bagian yang harus dinikmati’,” ujar Ratih yang merupakan lulusan Magister Profesi Klinis Anak Universitas Indonesia.

Apapun bisa jadi sumber meluapnya emosi, seperti jeda menunggu yang lama, atau sederet kejadian lainnya. Macet panjang di jalur mudik juga termasuk di antaranya.

Kuncinya, dikatakan oleh Ratih adalah menghindari ekspektasi berlebih. Tidak ada mudik yang bisa berjalan dengan sempurna sesuai rencana. “Santai aja,” ujarnya.

Pendiri RaQQi Consulting ini juga menyarankan semua orang yang ikut dalam arus balik untuk memperbesar ‘windows of tolerance’ ketika harus berinteraksi dengan orang. Seperti misalnya, Anda tersikut-sikut saat masuk ke dalam kereta. Bersabarlah karena memang suasana yang ramai bisa saja membuat ruang gerak masing-masing orang terbatas.

Selanjutnya, pastikan saat pulang, Anda sedang dalam kondisi yang prima. “Emosi juga bisa muncul karena lelah,” kata Ratih. Oleh karenanya, lakukan istirahat secara berkala. idealnya setiap 8 jam sekali karena lebih dari itu tubuh akan merasa terbebani.

Nah itulah tips mudah meredam emosi yang dapat anda lakukan bila terjadi pada saat badan anda kelelahan. Semoga bermanfaat.

About Endut Angin

Junior Editor dan Penulis Rubrik Olahraga, Hiburan, Teknologi dan Politik

Recommended for you