Berita

Truk Sampah Pemkab Simalungun Buang Sampah Di Bibir Danau Toba

on

Jambur.com/Berita Simalungun – Ditengah promosi Danau Toba sebagai destinasi wisata Internasional, dan sorotan terjadinya pencemaran air Danau Toba oleh aktivitas usaha disekitarnya, sebuah truk pengangkut sampah bertuliskan Pemkab Simalungun tertangkap basah sedang membuang sampah sembarangan di bibir jurang Danau Toba, Jumat (16/6) sekira pukul 14.20 WIB.

Persitiwa ini disaksikan langsung oleh salah seorang warga, Darma Purba, menurutnta sampah itu dibuang di bibir tebing pantai Danau Toba di Batu Dua, Tangga Batu, Kelurahan Haranggaol, Kecamatan Haranggaol Horisan, Simalungun, Sumut.

“Kami saksikan Dump Truck pengangkut sampah membuang sampah di pantai itu,” kata darma,Senin (19/6) seperti dilaporkan JPNN.

Menurut Darma Purba, Truk itu sudah sejak lama membuang sampah secara berulang-ulang di lokasi. Namun sebelumnya tidak ada masyarakat yang berani angkat bicara.

“Truk itu sudah sejak lama membuang sampah secara berulang-ulang di lokasi. Juga pada Harangan Sigiring-giring, jalan menuju Haranggaol. Sebagian sampah mereka bakar, hingga badan jalan berongga dan pastinya sewaktu-waktu berpotensi longsor,” terang Darma lagi.

Darma menambahkan bahwa sudah ada masyarakat yang mengetahui pembuang sampah di sekitar Danau Toba dan mengambil fotonya, namun enggan untuk melaporkannya atau mempublikasinyanya kepada media.

“Tertangkap basah, kemarin. Sebelumnya masyarakat lain sudah ada yang mengabadikan lewat foto, saat truk dinas kebersihan itu menuang sampah di lokasi. Tetapi mereka takut mempublikasikannya,” ujar Darma Purba.

Koordinator Asosiasi Dearma Haranggaol ini  berharap Pemkab Simalungun meninjau aktivitas pembuangan sampah semabarangan di Danau Toba.

Camat Haranggaol Jonni W Purba ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya telah mengetahui informasi itu dan meninjau langsung lokasi dimaksud dan ternyata memang benar terjadi pembuangan sampah sembarangan. PIhaknya kemudian melaporkan hal tersebut ke Dinas Lingkungan Hidup Simalungun dan meminta agar tidak membuang sampah lagi dilokasi tersebut.

“Tadi kami sudah ke lokasi. Dan sudah saya sampaikan kepada Dinas Lingkungan Hidup melalui UPTD agar jangan lagi membuang sampah di lokasi itu. Lurah juga sudah saya perintahkan memantau agar kejadian itu tidak terulang kembali,” ujarnya

About Endut Angin

Junior Editor dan Penulis Rubrik Olahraga, Hiburan, Teknologi dan Politik

Recommended for you