Berita

Mudik Pakai Mobil, Perhatikan Dulu 10 Hal Ini Agar Perjalanan Aman

on

Jambur.com/Berita Otomotif – Salah satu agenda yang sudah menjadi salah satu budaya Indonesia adalah Mudik saat menjelang Hari Raya keagamaan khususnya Hari Raya Idul Fitri bagi umat Islam, dan Hari Raya dan Tahun Baru bagi umat Kristiani.

Khusus bagi umat Muslim, beberapa hari lagi akan menyelesaikan ibadah Puasa Ramadhan 1438 H dan masuk menyambut hari raya kemenangan yakni Idul Fitri. Beberapa hari sebelum Idul Fitri, maka sebagian besar umat islam akan pulang kampung atau Mudik untuk bertemua dan bersilaturahmi dengan keluarga besar.

baca juga : Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar Dalam Al Quran

Menggunakan sarana Transportasi Mobil, salah satu pilihan bagi pemudik, karena selain murah tentu dapat membawa banyak anggota keluarga. Hal inilah penyebab utama kenapa beberapa hari sebelum Idul Fitri jalanan banyak yang jalanan macet karena padatnya kenderaan.

Nah bagi anda yang menggunakan Mobil sebagai alat transportasi mudik, maka ada 10 hal penting yang dapat anda jadikan sebagai tips mudik anda bila menggunakan mobil saat mudik agar perjalanan anda aman dan nyaman sehingga dapat sampai di tujuan bertemu dengan keluarga yang dicintai.

Berikut 10 Hal penting tersebut, sebagaimana kami kutip dari halaman oto detik berikut :

1. Ban

  • Lakukan pengecekan untuk alur ban, dan kebocoran
  • Tekanan angin yang sesuai, biasanya terdapat sticker rekomendasi di pintu driver
  • Lakukan spooring dan balancing jika perlu
  • Lakukan rotasi ban jika perlu
  • Ban cadangan harus dalam keadaan optimal
  • Untuk pencegahan kita dapat mengisi cairan penambal otomatis di setiap ban yang dapat dibeli di toko otomotif.

2. Rem
Pengecekan Oli rem untuk jumlah oli dan kelayakan pakai olinya
Pengecekan kampas rem, hanya dapat dilakukan oleh tenaga ahli

3. Suspensi
Pengecekan untuk kebocoran damper
Pengecekan dudukan karet suspensi

4. Oli mesin
Oli harus diganti dengan oli yang berkualitas tinggi dan yang tahan panas, karena kondisi mudik macet otomatis mesin akan menjadi lebih panas, oli yang berkualitas rendah akan lebih mudah menguap dan rusak kadar olinya.

5. Coolant (air radiator)
Pastikan sistem pendingin dicek tuntas sebelum mudik dan jika mobil anda masih memakai air biasa untuk mendinginkan maka bertobatlah, ganti segera dengan coolant sebelum hal ini dapat menyusahkan anda ketika mudik.

6. Tune Up
Tune up untuk mobil modern lebih ke proses pembersihan sistem pembakaran mobil anda baik diesel maupun bensin keduanya membutuhkan tune up secara berkala, tune up dapat mengembalikan tenaga mesin yang hilang karena pembakaran yang tidak efisien, menghilangkan mengelitik pada mesin bensin, dan mengurangi asap hitam pada mesin diesel.

7. Busi
Busi di mesin bensin harus dicek dan diganti ketika sudah tidak layak pakai

8. Filter udara dan filter bensin/solar
Semua filter sebaiknya diganti (bila perlu) untuk memastikan perjalanan mudik yang mulus.

9. Aki/accu
Aki sebaiknya diperiksa ke bengkel yang memiliki baterey tester, karena hanya dengan battery tester kita dapat mendapatkan persentase baterey life yang akurat, sebaiknya untuk perjalanan jauh aki dibawah 50% diganti dengan yang baru.

10. Air Conditioning /AC
AC Merupakan kebutuhan pokok saat mudik, ketika terjebak kemacetan anda tidak mau keluargan anda ikut kepanasan.

Itulah 10 hal penting yang anda harus perhatikan pada mobil anda sebelum berangkat mudik. Semoga selamat sampai di tujuan.

About Endut Angin

Junior Editor dan Penulis Rubrik Olahraga, Hiburan, Teknologi dan Politik

Recommended for you