Berita

Pengunduran Diri Massal Pejabat Senior dari Kemenlu AS di Pemerintahan Donald Trump

on

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump

Jambur.com/Berita Internasional – Sebuah kesatuan tim pejabat senior dari kementerian luar negeri Amerika Serikat memilih untuk tidak bekerja di bawah pemerintahan Donald Trump serta pengunduruan diri mereka.

Koran The Washington Post menyebutkan bahwa keempat pejabat senior, yang menjadi penasihat presiden terkait isu internasional tersebut telah mengundurkan diri pada hari Rabu, (25/1/2017) lalu.

Namun, dalam keterangan The Washington Post hari Kamis, (26/1/2017), mengabarkan bahwa sejauh ini alasan utama pengunduran diri mereka belum dapat dipastikan secara rinci.

Mereka yang mengudurkan diri yaitu, Patrick Kennedy selaku wakil menteri urusan manajemen, Joyce Anne Barr selaku asisten menteri bidang administrasi, Michele Bond selaku asisten menteri bidang konsuler serta Gentry Smith yang menjabat sebagai direktur kantor misi luar negeri.
 

“Ini adalah gelombang pengunduran diri terbesar dalam sejarah institusi ini dan sangat sulit untuk diganti,” kata David Wade, yang pernah bekerja sebagai kepala staf kemenlu di masa John Kerry.

“Para ahli keamanan, manajemen, administrasi, dan konsular sangat sulit digantikan dan sulit dicari pengganti mereka dari sektor swasta,” rincinya lagi.
Richard Boucher, yang menjadi juru bicara kemenlu di masa Collin Powell dan Condoleezza Rice, mengakui banyak pergantian posisi saat pemerintahan berganti.

Namun, menurutnya secara tradisional, para pejabat karier senior biasanya tetap bertahan meski pemerintahan berganti.
“Anda tak menjalankan kebijakan luar negeri hanya dengan membuat pernyataan, tetapi harus dilakukan dengan ribuan orang yang mengimplementasikan kebijakan itu.


Memangkas mereka sama saja dengan memangkas seluruh institusi ini,” terang Boucher.

Tak ketinggalan juga, Thomas Countryman, wakil menteri bidang pengendalian senjata dan keamanan internasional juga akan mengundurkan diri pada hari Jumat (27/1/2017) kemarin.

Pengunduran diri para pejabat senior ini tentu akan menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Rex Tillerson, yang pekan lalu, meski belum didukung seluruh anggota Senat, telah direstui komite hubungan luar negeri sebagai menteri luar negeri.

Pengunduran diri massal tersebut terjadi setelah Trump menandatangani perintah eksekutif untuk membangun tembok di perbatasan dengan Meksiko.

About Putra Tarigan

Penulis Lepas Rubrik Politik, Hukum dan Hiburan

Recommended for you