Berita

Pertemuan Antara Kemkominfo dengan Pihak Facebook terkait Muatan Hoax

on

Jambur.com/Berita Hukum – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dijadwalkan akan bertemu dengan perwakilan Facebook. 

Adapun pertemuan itu bertujuan untuk membahas mengenai maraknya peredaran berita-berita bohong (hoax) di media sosial Facebook, di Indonesia.

Seperti yang sudah diutarakan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Facebook agar dapat mengatur waktu jadwal pertemuan. 
Pertemuan tersebut dikabarkan akan terselenggara sekitar akhir bulan Januari 2017 ini

Namun, Rudiantara secara tak langsung menyebutkan kalau CEO Facebook, Mark Zuckerberg akan turut hadir tetapi pihak yang datang hanya dari Facebook wilayah Asia Pacific (APAC).

Terkait topik apa yang akan dibahas oleh  kedua pihak adalah soal isu keamanan internasional seperti radikalisme, terorisme, pornografi, dan perjudian. Konten-konten ini akan menjadi pembahasan agar tidak marak beredar di Indonesia.

Soal penetapan regulasi penggunaan media sosial, Indonesia memang berkiblat pada Jerman. Setidaknya, ada 3 hal yang akan dilakukan, yakni keterlibatan perusahaan sosial media, denda terhadap perusahaan yang tetap menampilkan konten terlarang, serta penyediaan literasi penggunaan sosial media.

Negara Jerman tengah mengkaji tentang denda bagi perusahaan sosial media. Nilainya cukup besar, yakni Rp 7 miliar per konten yang muncul. Momentum ini pula yang akan digunakan Indonesia untuk membuat tawaran dengan Facebook terkait penyebaran konten hoax.

About Putra Tarigan

Penulis Lepas Rubrik Politik, Hukum dan Hiburan

Recommended for you