Berita

Alasan Kapolda Metro Jaya Tangkap 11 Orang Tokoh 

on

Kapolda Metro Jaya, M. Iriawan


Jambur.com/Berita Hukum – Kisah penangkapan sebelas orang tokoh saat menjelang aksi damai di tugu Monas, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2016) pagi semakin menguak babak baru.

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan mengungkapkan alasan polisi menangkap mereka semua dikarenakan telah diketahui bahwa mereka sudah menyiapkan gerakan massa.

“Tentunya ada. Pada tanggal 2 akan mendompleng massa yang ada. Tidak bisa saya sebutkan yang jelas kita sudah tahu massa yang digerakkan, jam berapa digerakkan, kapan digerakkan dan bagaimana menggerakkannya. Oleh karena itu kami berani mengambil (penangkapan) malam itu,” terang Iriawan, Selasa (6/12/2016).

Delapan dari sebelas orang itu telah ditetapkan menjadi tersangka adanya dugaan upaya makar. Mereka adalah :

  1. Mantan anggota staf ahli Panglima TNI Brigadir Jenderal (purn), Adityawarman Thaha
  2. Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (purn), Kivlan Zein
  3. Sri Bintang Pamungkas
  4. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Bidang Ideologi, Rachmawati Soekarnoputri
  5. Aktivis Ratna Sarumpaet
  6. Ketua Bidang Pengkajian Ideologi Partai Gerindra, Eko Suryo Santjojo
  7. Aktivis Solidaritas Sahabat, Cendana Firza Husein
  8. Tokoh buruh Alvin Indra Al Fariz.

Dua tersangka yang lain, Ketua Komando Barisan Rakyat, Rizal Izal dan Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta Utara, Jamran, disangka melakukan penyebaran ujaran kebencian. 

Musisi yang mencalonkan diri sebagai wakil Bupati Bekasi, Ahmad Dhani dikenakan sangkaan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo. Namun, dari kesebelas orang tokoh tersebut, hanya Sri Bintang Pamungkas, Rizal, dan Jamran yang ditahan.
Iriawan enggan menjelaskan asal massa yang akan dikerahkan para tokoh.

Iriawan hanya menyebut massa yang disiapkan adalah massa cair. Namun karena tokoh-tokohnya sudah diciduk, massa tidak ada yang mengkoordinir lagi.

Menurut penuturan Iriawan, massa cair itu akan diambil dan beberapa massa yang memang sudah disiapkan. Karena diambil pentolannya, massa itu liar dan tidak ada yang mengendalikan kayak ayam kehilangan induk.

Iriawan menyebutkan bahwa apabila pihak kepolisian terlambat dalam mengamankan kesebelas orang tersebut, kemungkinan besar apa yang telah mereka rencanakan akan terwujud.

About Putra Tarigan

Penulis Lepas Rubrik Politik, Hukum dan Hiburan

Recommended for you