Gila ! Dana Fantastis Anggaran Pengamanan Aksi Demo 4 November dan 2 Desember 2016

Aksi 2 Desember 2016

Jambur.com/Berita Sosial – Kapolri, Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan besaran nilai anggaran guna pengamanan aksi demonstrasi 4 November dan 2 Desember lalu yang jumlahnya mencapai Rp76 miliar.

“Biaya 4 November hampir Rp33 miliar, untuk 2 Desember itu Rp43 miliar. Kenapa? Karena melibatkan jumlah personil yang cukup besar, kita tarik Brimob-Brimob dari daerah aman, pinjam sebentar. Kekuatan total 20 ribu lebih pada 4 November,” ungkap Tito Karnavian di hadapan Komisi III DPR di DPR, hari ini, Senin (5/12/2016).

Tidak hanya sampai di situ, dalam penuturannya, biaya anggaran penanganan keamanan tanggal 2 Desember lalu bahkan lebih besar lagi yaitu sebesar 43 miliar rupiah.

“Sedangkan 2 Desember, kekuatan yang dilibatkan hampir 27 ribu. DPR saja enam ribu lebih. Jadi total untuk 4 November dan 2 Desember itu bukan hanya satu hari, tapi kan sudah ada pergeseran sebelumnya, total Rp76 miliar,” sambung Tito lagi.

Tito Karnavian menjelaskan jika biaya yang sangat besar itu dikarenakan oleh  persiapan pengamanan yang juga memakan waktu tidak sebentar. 

Dalam keterangannya, pihaknya membutuhlan waktu hampir dua minggu untuk satu kegiatan. Bahkan, seminggu sebelum dan seminggu setelah hari ‘H’ tetap mereka waspadai.

Selain untuk pengamanan dua peristiwa tersebut, Polri juga telah mengajukan anggaran untuk pengamanan hingga akhir tahun yang mencapai sebesar Rp95 miliar ke Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Aksi demonstrasi yang digelar di tanggal 4 November diwarnai dengan kerusuhan di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Sedangkan, aksi yang digelar tanggal 2 Desember kemarin berjalan dengan aman dan damai.

Putra Tarigan :Penulis Lepas Rubrik Politik, Hukum dan Hiburan