Berita

Keluarga Besar GMNI Berduka Cita Atas Meninggalnya Prof. Soemantri Martosowignjo 

on

Jambur.com/Berita Sosial – Negeri Indonesia berduka setelah kembali kehilangan salah satu putra terbaik bangsa yang bernama Prof Sri Soemantri Martosoewignjo. 

Semasa hidupnya, beliau dikenal sebagai salah satu tokoh intelektual dan sesepuh di dunia pendidikan di bidang hukum.

Prof. Sri Soemantri Martosoewignjo lahir di Tulungagung tanggal 15 April 1926.

Beliau juga adalah seorang profesor di bidang Hukum Tata Negara (HTN) dan Guru Besar Emeritus Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya kemarin sore, di Rumah Sakit Priemer Jatinegara Jakarta, Rabu (30/11) sekitar pukul 15.13 WIB.

Ketua Umum Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Ahmad Basarah atas nama keluarga besar GMNI, menyampaikan turut bernelasungkawa atas kepergian almarhum kembali pada Ilahi. 
Basarah menggambarkan bahwa almarhum adalah sosok seorang nasionalis sejati, tegas dan teguh pada prinsipnya.

Dia menuturkan jika almarhum sudah banyak makan asamgaram di berbagai lembaga negara dan dunia pendidikan di negara ini. Pernah juga mencatatkan sejarah sebagai salah seorang anggota Badan Konstituante, lembaga negara yang dibentuk untuk menggantikan Undang-Undang Dasar Sementara (UUDs) 1950 hasil Pemilu 1955.

Ketika masih usianya masih beranjak 29 tahun sekaligus anggota termuda, almarhum pernah terpilih mewakili provinsi Jawa Timur dalam pemilu yang diadakan di bulan Desember tahun 1955, melalui Partai Nasional Indonesia (PNI). Pada saat itu, Sri memiliki nomor urut 339 dari 520 kursi konstituante. 

Prestasi almarhum di bidang akademis juga tidak sembarangan. Universitas Padjadjaran, Bandung, telah memnyerahkan kepadanya jabtan sebagai Guru Besar Ilmu Hukum Tata Negara.

Di dunia pergerakan mahasiswa, beliau juga termasuk salah satu aktivis mahasiswa sekaligus salah satu pendiri organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) yang didirikan tanggal 23 Maret 1954 silam.

Sebagai sesepuh GMNI, almarhum tetap konsisten berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada kader-kader (mahasiswa) GMNI, sampai akhir hayatnya. Keluarga Besar GMNI sangat berduka sekaligus sangat merasa kehilangan yang sangat besar atas berpulangnya almarhum kembali menghadap Tuhan Yang Maha Esa. 

Semoga segala amal kebaikannya diterima di Tuhan Yang Maha Esa.

Selamat jalan Profesor !

Selamat jalan senior !

Selamat jalan Bung Soemantri Martosowignjo!

About Putra Tarigan

Penulis Lepas Rubrik Politik, Hukum dan Hiburan

Recommended for you