Berita

Isabela Sieh, Gadis 12 Tahun Asal Filipina Sudah Mahir Coding, Kamu ?

on

Isabel Sieh

Jambur.com/Berita Hiburan – Ketika anak seumurannyaa masih suka bermain-main dengan boneka atau main masak-masakan, beda halnya dengan Isabel Sieh. 

Gadis berusia 12 tahun asal Filipina ini diberitakann sudah mahir dalam melakukan coding. Ya ! gadis berkulit hitam manis khas orang Asia tersebut dikabarkana telah mahir dalam hal membaca dan mengutak-atik masing-masing tiga bahasa pemrograman komputer yang terkenal rumit dan membingungkan itu.

Kemampuan dalam meng-coding yang dimiliki oleh Isabel, adalah berkat diasah dalam pembelajarannya semenjak dia berusia 10 tahun. 


Isabela Sieh saat presentasi Coding-nya


Kemampuan coding Isabel kabarnya memang sudah dia asah sejak usianya masih 10 tahun. Isabel menuturkan, bahwa saat itu guru matematikanya melihat adanya bakat ataupun potensi yang besar dari dalam dirinya karena sering melihat Isabel memperoleh nilai tinggi di mata pelajaran sulit itu.

Melihat hal tersebut, guru matematika itu pun mulai menganjurkan Isabel untuk belajar coding dan memperkenalkannya dengan komunitas online untuk belajar coding bernama Code Academy. Akhirnya dari situlah Isabel mulai belajar Hypertext Markup Language (HTML) dan JavaScipt.

Ibunya Isabel, Ronna, sangat mendukung langkah-langkah anaknya tersebut guna memperdalam ilmunya di bidang coding.

Sang ibu pun mendatangkan tutor (guru privat) untuk mengajarkan Isabel bahasa pemrograman secara langsung dan lebih detail. Bahkan, sang ibu pula yang mendukung Isabel untuk memulai sebuah gerakan yang bernama Girl Will Code !
Girl Will Code adalahsebuah gerakan yang diinisiasi oleh Isabel untuk anak-anak di Filipina guna mengajarkan bahasa pemrograman alias coding ke anak-anak di seluruh Filipina yang digagas sejak Februari lalu dan telah berhasil dijalankan di sekolah dasar Bagong Nayon, Filipina.


Isabela Sieh saat mengajarkan anak-anak di tingkat Sekolah Dasar

Sekarang, program Girl Will Code masih berjalan di Filipina. Isabel didukung oleh sang ibunda masih melakukan beberapa tur keliling Filipina guna mengajarkan coding ke anak-anak di tingkat sekolah dasar dengan harapan mereka bisa mempelajari coding sejak usia dini.

About Putra Tarigan

Penulis Lepas Rubrik Politik, Hukum dan Hiburan

Recommended for you