Berita

Pimpinan Pemberontak Ukraina pro-Rusia Tewas Terjeba Ledakan Bom

on


Jambur.com/Berita Internasional – Komandan angkatan perang pemberontak Ukraina pro-Rusia, Arseny Pavlov, terbunuh dalam serangan bom di Kota Donetsk, di timur Ukraina, Minggu (16/10/2016) kemarin.

Selama ini Rusia yang mencaplok wilayah semenenanjung Krimea di Ukraina pada 2014, mendukung gerakan separatis di timur Ukraina tersebut. Sekitar hampir 10.000 jiwa telah meninggal akibat pemberontakan ini.

Pavlov, yang lebih dikenal dengan nama ‘Motorola’, adalah pemimpin batalion Sparta dan menjadi komandan pemberontak yang disegani. 


Alexander Zakharchenko, yang menjabat sebagai “Perdana Menteri” bagi Republik Rakyat Donetsk pun berang.

Dia menegaskan bahwa Presiden Ukraina, Petro Poroshenko telah melakukan pelanggaran kesepakatan gencatan senjata, sekaligus menyatakan perang.  

Pavlov sendiri terbunuh akibat sebuah ledakan bom yang dipasang di dalam lift di sebuah gedung.  

Pada Minggu malam kemarin, lokasi pengeboman itu telah dikelilingi oleh truk militer, kendaraan lapis baja ringan dan sekitar 50 orang bersenjata.

Seorang anggota pemberontak menyatakan, satu pengawal Pavlov pun tewas akibat ledakan itu.

Sebelum peristiwa ini terjadi, banyak pimpinan pemberontak yang telah tewas jauh dalam pengeboman seperti itu maupun penyergapan oleh pasukan militer Ukraina. 

Pavlov, selama ini telah menjadi pemimpin pasukan dalam pertempuran-pertempuran melawan militer Ukraina di sekitar bandar udara Donetsk.

Bulan Juni lalu, dia sempat lolos dari sebuah upaya pembunuhan, demikian informasi dari otoritas lokal yang dikutip AFP. 

Sebelum insiden ini, seluruh pihak yang bertikai di Ukraina telah sepakat untuk melakukan gencatan senjata. Kesepakatan itu tercapai atas inisiatif Jerman dan Perancis yang menengahi konflik itu pada Februari 2015.

Namun, kesepakatan yang dikenal dengan nama “Perjanjian Minsk” itu hanya mampu mengurangi intensitas pertempuran yang terjadi. Mereka gagal untuk menghentikan konflik secara total dan mengupayakan perdamaian.

About Putra Tarigan

Penulis Lepas Rubrik Politik, Hukum dan Hiburan

Recommended for you